Jenis Makanan Pantangan Asam Urat – Harus Dihindari

Untuk mengetahui pantangan asam urat, terlebih dahulu mari kita cermati apa penyebab utama timbulnya penyakit asam urat pada tubuh. Asam urat merupakan zat sampingan yang dihasilkan dari proses metabolisme purin. Kandungan purin yang tinggi terdapat dalam beberapa jenis makanan seperti hati dan daging sapi, beberapa jenis ikan dan ayam kalkun. Selain daging-dagingan, kandungan purin yang tinggi juga ditemukan pada beberapa jenis sayuran dan menjadi makanan pantangan asam urat.

Asam urat dalam jumlah yang tinggi akan terakumulasi menjadi kristal dan menumpuk pada beberapa persendian. Hal tersebut akan menimbulkan peradangan atau inflamasi serta pembengakakan yang menjadi tanda awal seseorang terkena penyakit asam urat. Penyakit ini, di dalam dunia medis di kenal dengan istilah hyperuricemia yang berarti penumpukan asam urat di dalam aliran darah.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa jenis-jenis yang harus dihindari, khususnya sayuran agar terhindar dari penyakit ini.

Jenis Makanan Pantangan Asam Urat – Wajib Dihindari

Kembang Kol

Seringkali disajikan dalam bentuk campuran sayuran atau sebagai lauk tunggal. Ia jarang sekali disajikan sebagai menu tambahan atau campuran dalam berbagai jenis masakan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan AcuMedico, 100 gram kembang kol mengandung 51 gram purin atau setengah dari berat keseluruhan purin. Melihat hal tersebut, para ahli kemudian memasukkan kembang kol sebagai pantangan makanan asam urat yang harus dihindari.

Bayam

Siapa sangka sayur dengan kandungan zat besi yang tinggi ini ternyata masuk dalam daftar pantangan makanan asam urat. Selain mengandung vitamin C, beta karoten, flavonooid dan luteins, bayam juga mengandung purin dalam kadar yang cukup tinggi. Hindari makan bayam apabila kadar asam urat anda sudah melewati ambang batas normal.

Asparagus

Kandungan kalium dan float di dalam asparagus terbukti sangat baik bagi tubuh yang sedang tumbuh. Namun jenis sayuran yang bisa disajikan dalam keadaan panas maupun dingin tersebut, ternyata punya kandungan purin yang tingi. Hindari mengkonsumsi asparagus terlalu sering jika tidak ingin terkena asam urat.

Kacang Goreng

Walaupun terkenal sebagai makanan camilan yang amat digemari, kacang goreng termasuk salah satu makanan pantangan asam urat karena kaya akan purin yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Atur jumlah konsumsinya, karena biar bagaimanapun tubuh memerlukan protein nabati dari kacang-kacangan untuk terus hidup dan bekerja.

Jamur

Dalam 100 gram jamur mengandung kurang lebih 17 hingga 92 gram purin. Jamur sangat nikmat jika dicampurkan dalam resep bersama sayuran hijau. Sebaiknya anda berhenti memadukan jamur dengan bayam, asparagus atau kembang kol dalam masakan anda.

Ekstrak Daging

Jika anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan makan daging, anda bisa mengkonsumsi ekstrak daging yang rendah purin.

Orang dengan usia di atas 35 tahun cenderung rawan terkena asam urat. Tanda-tandanya dapat berupa nyeri sendi pada jempol kaki yang menjalar ke lurut dan persendian lainnya pada daerah kaki.

Walaupun bisa diredakan dengan konsumsi obat-obatan, sangat dianjurkan bagi para penderita untuk melakukan diet atau perubahan dan pola makan. Olah raga juga bisa jadi solusi yang baik bagi penderita asam urat demi melancarkan peredaran darah detoksifikasi agar racun pada tubuh bisa keluar seluruhnya.

Demikian uraian tentang asam urat pantangan, ingatlah untuk sebisa mungkin menghindarinya. Ledakan kadar asam urat dalam tubuh lebih banyak disebabkan oleh kandungan di dalam makanan yang kita asup tiap hari. Semoga pantangan asam urat yang kami jelaskan bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda yang tengah berjuang mengatasi asam urat yang menghalangi aktivitas produktif anda.