Makanan Penurun Kolesterol Sebagai Obat Kolesterol Herbal

Makanan Penurun Kolesterol Sebagai Obat Kolesterol Herbal – Diet pantangan kolesterol dapat sangat membantu Anda dalam mengurangi kandungan kolesterol yang terdapat di tubuh Anda. Makanan-makanan di bawah ini dapat membantu Anda dalam melawan kolesterol, dan dapat Anda gunakan sebagai obat kolesterol alami.

Dapatkah semangkuk oatmeal membantu Anda dalam penurunan kolesterol? Bagaimana dengan kenari dan kentang panggang yang di olesi dengan margarin sehat? Beberapa modifikasi sederhana untuk diet Anda dapat angat sangat membantu Anda dalam merawat kebiasaan jantung sehat.

Makanan Penurun Kolesterol sebagai Obat Kolesterol Herbal

Oatmeal dan Makanan Tinggi Serat Lainnya

Oatmeal mengandung serat larut, yang mengurangi kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Serat yang terdapat pada makanan oatmeal juga dapat ditemukan pada makanan lain seperti kacang merah, apel, pir, barley, dan buah prune.

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Lima sampai sepuluh gram atau lebih serat larut setiap harinya dapat menurunkan total kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Makan 1 ½ cangkir oatmeal yang dimasak akan menyediakan 6 gram serat kedalam tubuh, dan jika di tambahkan buah-buahan seperti pisang, Anda dapat menambahkan sekitar 4 gram serat ekstra. Untuk mencampurnya, cukup memotong buah dan dimasak bersama dengan oatmeal.

Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Makan ikan berlemak dapat membantu jantung Anda karena tingginya tingkat omega 3 yang terdapat dalam ikan. Ikan adalah salah satu obat kolesterol alami. Omega 3 dapat membantu Anda untuk mengurangi tekanan darah dan resiko terjadinya pembekuan darah. Pada orang yang mengalami serangan jantung, minyak ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi resiko kematian mendadak. American Heart Association (AHA) merekomendasikan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu bagi penderita kolesterol tinggi. Tingkat tertinggi omega 3 pada ikan terdapat di: ikan kembung, sarden, ikan pecak, ikan salmon, dan tuna.

Anda dapat memanggang ikan tersebut untuk menghindari penambahan lemak buruk. Jika Anda tidak suka ikan, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah kecil omega 3 dari makanan lain seperti ground flaxseed atau canola oil.

Anda juga dapat mengambil ekstrak omega 3 dari ikan untuk efek yang sama, tetapi Anda tidak akan mendapatkan nutrisi lain yang terkandung dalam ikan seperti selenium. Jika Anda memutuskan untuk mengambil suplemen omega 3, ingatlah untuk tetap memperhatikan pola makan Anda dan makan daging atau sayuran untuk menggantikan ikan.

Kenari, Almond, dan Kacang-Kacangan Lainnya

Kacang-kacangan dapat membantu penurunan kolesterol pada darah. Makanan ini kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, dan kenari juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan pembuluh darah. Makan sekitar 40 gram kacang-kacangan sehari dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Tetapi pastikan bahwa kacang yang Anda makan tidak mengandung garam atau gula.

Minyak Zaitun

Minyak ini mengandung campuran antioksidan ampuh yang dapat membantu Anda dalam penurunan kolesterol dan melawan lemak jahat tetapi tetap meninggalkan lemak baik tidak tersentuh.

Sekitar 2 sendok makan minyak zaitun setiap harinya dapat membantu Anda untuk mendapatkan jantung sehat, dan dapat digunakan sebagai obat kolesterol alami. Untuk menambahkan minyak zaitun ke diet Anda, Anda dapat menumis sayuran menggunakan minyak zaitun. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega ketika mengolesi daging atau selai untuk roti. Minyak zaitun memiliki kalori tinggi jadi ada baiknya untuk tidak makan lebih dari jumlah yang disarankan.

Makanan dengan Sterol dan Stanol

Sekarang, banyak makanan yang tersedia telah diperkaya dengan sterol dan stanol. Sterol dan stanol adalah zat yang ditemukan pada tumbuhan yang dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol.

Margarin, jus jeruk, dan yoghurt yang telah diperkaya dengan sterol dan stanol dapat mengurangi kandungan lemak jahat lebih dari 10 persen. Jumlah sterol tumbuhan yang dibutuhkan untuk mencapai target itu sedikitnya 2 gram, atau setara dengan 237 mililiter porsi jus jeruk setiap harinya.

Ini adalah akhir dari artikel makanan penurun kolesterol sebagai obat kolesterol herbal, dan terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca.